KHASIAT KECUBUNG

Posted: November 25, 2009 in kesehatan

Mungkin diantara sobat mendengar kata kecubung pasti yang kalau di makan pastisedikitnya kalau kena racunnya bisa memabukan sedikit padahal kecubung juga bisa di jadikan Obat lo…
Mari kita bahas aja yah seperti apa kecubung itu
Kecubung merupakan tumbuhan perdu yang tingginya mencapai 2 meter. Batangnya berwarna hijau kecoklatan, yang memilki banyak cabang mengembang ke knan dan ke kiri membentuk ruang  yang lebar coba perhatikan gambr di samping.
Daun kecubung berbentuk jantung dengan pola tulang daun yang terlihat jelas. ukuran daun cukup besar, yaitu panjang 10 – 18 cm dan lebarnya 8 – 12 cm. letak daun berhadap-hadapan. bunga kecubung bentuknya seperti terompet berwarna putih atau lembayung dan berbau harum. Buahnya berbentuk budar dengan bagian luar dihiasi duri-duri dan bagian dalamnya berisi biji-bijian kecil berwarna kuning kecoklatan.
kecubung menyukai dataran rendah sampai ketinggian 800 meter diatas permukaan air laut. tumbuhan ini dapat di temukan tumbuh liar sebagai semak di ladang-ladang atau dapat juga di tanam di pekarangan rumah. Kecubung dapaat di perbanyak melalui stek atau melalui penanaman bijinya.
Penyakit yang dapat diobati oleh kecubung adalah radang anak telinga, bisul, rematik, pegal linu dan eksim.
untuk mengobati radang anak telinga, caranya, ambil 10 lembar daun kecubung, di cuci dan di tumbuk halus. Campurkan dengan minyak kelapa yang telah dihangatkan sebanyak 2 sendok maakan. peras dan saring, minyak pperasan di tetskan pada anak telinga yang sakit sebanyak 3 kali sehari sebanyak 5 tetes.
untuk mengobati eksim, siapkan 3 lembar daun kecubung dan munyak kelapa. daun kecubung digiling sampai halus, tambahkan minyak kelapa, lalu panggang diatas api. dalam keadaan hangat,gunakan untuk menggosok bagian tubuh yag terkena eksim.
untuk mengobati bisul, petiklah daun atau bunga kecubung, lalu tunbuklah sampai halus. tempelkan daun dan bunga kecubung yang telah halus diatas bisul.
untuk mengatasi rematik, sediakan daun kecubung dan minyak kelapa. daun kecubung diremas-remas sampai layu, olesi dengan minyak kelapa, lalu panggang diatas api. dalam keadaan hangat, tempelkan pada bagian yg sakit.
untuk mengatasi sakit pinggang, ambilah 4 lembar daun kecubung dan kapur sirih secukuonya. tumbuklah kedua bahan tersebut sampai halus dan buat adonan. gunakan adonan sebagai param dan gosokkan pada bagian pinggang yang sakit.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s