KETERAMPILAN MENGELOLA KELAS

Posted: Agustus 25, 2009 in PENDIDIKAN

Pengelolan kelas pada dasarnya adalah pengaturan orang dan barang yang memungkinkan terciptanya dan terpeliharanya kondisi belajar yang optimal. Kondisi belajar yang optimal sangat menentukan berhasilnya kegiatan pembelajaran. Oleh karena itu, guru perlu menguasai keterampilan untuk menciptakan kondisi yang optimal tersebut.
Kegiatan pembelajaran dapat dibedakan menjadi dua masalah, yaitu masalah instruksional dan masalah pengelolaan. Guru harus dapat membedakan kedua masalah tersebut agar dapat menanganinya secara tepat. Masalah instruksional harus diselesaikan secara instruksional.
Komponen keterampilan mengelola kelas terdiri dari keterampilan yang bersifat preventif dan keterampilan yang bersifat represif. Keterampilan yang bersifat preventip berkaitan dengan usuha mencegah terjadinya gangguan, yang dapat ditunjukan dengan :
1) Sikap tanggap;
2) Membagi perhatian;
3) Memusatkan perhatian kelompok;
4) Memberikan petunjuk yang jelas;
5) Menegur;
6) Memberi penguatan;
Keterampilan yang bersifat revresif, berkaitan dengan usaha mengatasi gangguan yang muncul, yang dapat dilakukan melalui tiga pendekatan berikut.
1) Modifikasi tingkah laku, yang mencakup:
– Meningkatkan tingkah laku yang diharapkan;
– Mengajarkan tingkah laku baru, dan
– Mengurangi/menghilangkan tingkah laku yang tidak diharapkan.
2) Pengelolaan kelompok, yang menekankan pada pemecahan masalah melalui diskusi kelompok.
3) Menemukan dan memecahkan tingkah laku yang menimbulkan masalah.
Agar dapat mengelola kelas secara efektif guru harus memperhatikan beberapa hal disamping harus menghindari sejumlah perilaku yang dianggap mudah menimbulkan gangguan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s