KEMAMPUAN MEMIMPIN DISKUSI KECIL

Posted: Agustus 25, 2009 in PENDIDIKAN

Guru perlu menguasai keterampilan diskusi kelompok kecil karena :
1) Musyawarah (diskusi) sudah membudaya dalam masyarakat Indonesia;
2) Tiap warga Negara Indonesia diharapkan memiliki keterampilan berdiskusi;
3) Keterampilan berdiskusi / memimpin diskusi tidak dibawa sejak lahir,
4) Diskusi punya peran khusus dalam pencapaian tujuan pendidikan yang bersifat pendudukan sikap, nilai, kebiasaan dan keterampilan.
Diskusi kelompok kecil dapat terjadi jika syarat – syarat berikut dapat dipenuhi, antar lain :
1) Jumlah anggota kelompok 3-9 orang.
2) Terjadinya tatap muka informal.
3) Ada tujuan yang ingin dicapai.
4) Berlangsung secara sistematis
Komponen keterampilanmembimbing diskusi kelompok kecil terdiri dari :
1) Memusatkan perhatian;
2) Memperjelas masalah / uraian siswa;
3) Menganalisi pandangan siswa;
4) Meningkatkan urunan siswa;
5) Menyebarkan kesempatan berpartisipasi;
6) Menutup diskusi;
Agar dapat menerapkan keterampilan membimbing diskusi kelompok kecil secara efektif, guru harus memperhatikan sejumlah hal antara lain :
1) Kesesuaian diskusi dengan topic bidang studi yang dibahas;
2) Kekuatan dan kelemahan diskusi dalam kegiatan pembelajaran;
3) Perencanaan dan persiapan yang matang;
4) Iklim diskusi yang terbuka dan bersahabat;
5) Pemilihan topic diskusi yang tepat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s